Selasa, 02 Desember 2014

data statistik vital epidemiologi



DATA STATISTIK VITAL EPIDEMIOLOGI


PENDAHULUAN

Secara etimologis kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata "statistik" diartikan sebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara. Namun, pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistik hanya dibatasi pada"kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)" saja; bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistik.
Informasi kependudukan (demografi) dan data statistic vital memang berguna untuk bidang epidemiologi, kesehatan masyarakat dan layanan kesehatan masyarakat yang dapat diperoleh dari berbagai sumber. Dari sekian banyak sumber data, beberapa diantaranya memiliki kegunaan yang lebih dibandingkan sumber lainnya bagi epidemiologi. Keterterapan data tersebut juga harus dipertimbangkan. Data harus dikumpulkan dan didistribusikan dengan menggunakan sistem yang reliable dan metode standar yang rutin. Pembanding data dari Negara-negara lain sulit didapat karena kurangnya metode pengumpulan dan publikasi standard dan hambatan masalah informasi umumnya.
Data statistik vital epidemiologi antara lain adalah morboditas, mortalitas, kelahiran, perkawinan, perceraian dan usia harapan hidup.

Data Statistik Vital

Data statistik vital disebut juga kejadian vital yang mengacu pada proses pengumpulan data dan penerapan metode statistik dasar pada data tersebut guna mengidentifikasi fakta-fakta kesehatan yang vital di dalam sutau masyarakat, populasi atau wilayah tertentu. Data morbiditas, mortalitas, pernikahan, perceraian, kelahiran semuanya merupakan data statistik vital.


1. Angka Kesakitan (Morbiditas) dan Usia Harapan Hidup

Setiap gangguan di dalam fungsi maupun struktur tubuh seseorang dianggapsebagai penyakit. Penyakit, sakit, cedera, gangguan dan sakit, semuanyadikategorikan di dalam istilah tunggal yaitu morbiditas.Morbiditas (kesakitan) merupakan derajat sakit, cedera atau gangguan padasuatu populasi. Morbiditas juga merupakan suatu penyimpangan dari status sehat dansejahtera atau keberadaan suatu kondisi sakit. Morbiditas juga mengacu pada angkakesakitan yaitu ; jumlah orang yang sakit dibandingkan dengan populasi tertentuyang sering kali merupakan kelompok yang sehat atau kelompok yang beresiko.
Di dalam Epidemiologi , Ukuran Utama Morbiditas adalah : Angka Insidensi& Prevalensi dan berbagai Ukuran Turunan dari kedua indikator tersebut. Setiapkejadian penyakit, kondisi gangguan atau kesakitan dapat diukur dengan AngkaInsidensi dan Angka Prevalensi.Keberhasilan program kesehatan dan program pembangunan sosial ekonomipada umumnya dapat dilihat dari peningkatan usia harapan hidup penduduk darisuatu negara. Meningkatnya perawatan kesehatan melalui Puskesmas, meningkatnyadaya beli masyarakat akan meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan, mampu memenuhi kebutuhan gizi dan kalori, mampu mempunyai pendidikan yanglebih baik sehingga memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang memadai, yangpada gilirannya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat danmemperpanjang usia harapan hidupnya.
Angka harapan hidup merupakan alat untuk mengevaluasi kinerjapemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya, danmeningkatkan derajat kesehatan pada khususnya. Angka harapan hidup yang rendahdi suatu daerah harus diikuti dengan program pembangunan kesehatan, dan programsosial lainnya termasuk kesehatan lingkungan, kecukupan gisi dan kalori termasuk program pemberantasan kemiskinan.

2. Angka kelahiran dan angka kelahiran kasar

Angka kelahiran (birth rate) suatu populasi biasanya merupakan angka kasar (crude rate) dan angka ini mengacu pada keseluruhan populasi. Saatmenggunakan angka kasar (kelahiran maupun kematian) perlu dilakukan pengkajianlebih lanjutb terhadap penggunaan rate spesifik dan distribusi usia karenakaraktaristik penduduk sangat beragam sehingga angka kasar juga menjadi beragamdan tidak akurat. Usia merupakan variable yang dapat menyebabkan semua rate padakeseluruhan populasi menghasilkan data yang beragam pada kelompok yangberlainan.
Angka kelahiran kasar (crude rate birth) dan angka kematian kasar merupakan indikator yang sangat berguna karena memberikan informasi ringkas,sekaligus data statistic umum dari populasi yang besar. Angka kasar (crude rate) dapat dipakai dalam perbandingan internasional sekaligus dalam perbandinganumum kejadian vital selama beberapa waktu.

3. Angka Kematian dan akta kematian pada data stasitik vital

Akta kematian juga termasuk dokumen yang penting bagi keluarga yangditinggal. Alasan yang paling penting akta kematian sangat dibutuhkan adalah untuk memenuhi kebutuhan hukum. Kematian ditangani dengan serius dan hokummemberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya kematian akibatkesalahan melalui penelusuran dan pendataan kematian dengan metode yang ketat.Kematian harus diregistrasi dan jika ada sesuatu yang mencurugakan, kematiantersebut akan diselidiki termasuk melakukan autopsy. Akta kematian jugadibutuhkan untuk mengajukan klaim pensiun dan asuransi jiwa. Angka kematian dandata relevan diperoleh dari proses registrasi akta kematian.
The National Center for  Health Statistics telah menetapkan akta kematian standar dan akta kematian standar untuk kematian janin yang memperlihatkan informasi minimum yang harus ada padaakta. Masing-masing negara dapat mengembangkan aktanya sendiri dari akta standar ini.Rincian yang ada dalam akta kematian, selain penyebab kematian, juga ada “penyebab utama kematian”. Ada ruang yang memang dikosongkan dalam aktakematian untuk diisi dengan kondisi yang berkontribusi dalam kematian.

4. Data statistik perkawinan dan perceraian

Status perkawinan memengaruhi struktur keluarga, status sosial ekonomi,kesehatan mental, akses ke layanan kesehatan dan berbagai faktor lain yangberkaitan dengan status kesehatan. Badan Pusat Statistik dalam publikasi hasil Survey Sosial EkonomiNasional Tahun 2003 Propinsi Sumatera Barat menjelaskan bahwa status perkawinansebagai ukuran kesejahteraan biasanya dilihat dari jumlah penduduk yang kawinpada usia muda dan tingginya angka perceraian. Perkawinan pada usia mudadisamping disebabkan oleh faktor budaya juga berkaitan dengan faktor sosialekonomi dan sebagian perceraian juga dilatarbelakangi oleh masalah ekonomi rumahtangga.
Berdasarkan data statistik kesejahteraan Indonesia tahun 2003 yangdipublikasikan oleh BPS tercatat bahwa dari seluruh penduduk usia 10 tahun keatasdi Sumatera Barat terdapat 1,99 % yang berstatus cerai hidup. Angka ini beradadiatas persentase rata-rata cerai hidup penduduk Indonesia sebesar 1,45 %. SumateraBarat merupakan peringkat kedua tertinggi dalam persentase perceraian di Indonesiasetelah Nusa Tenggara Barat. Bila dilihat dari jenis kelamin, persentase penduduk perempuan yang cerai hidup jauh lebih besar daripada penduduk laki-laki yangmasing-masing 2,2 % dan 0,8 %. Jika dibandingkan antara daerah pedesaan dan perkotaan maka status cerai hidup lebih banyak dialami oleh penduduk perdesaanyaitu sebesar 1,53 % dibandingkan daerah perkotaan sebesar 1,34%.

Sumber Data Statistik Vital

Data merupakan sumber informasi yang diperlukan oleh epidemiologidalam melakukan perannya. Tanpa data, epidemiologi buta dan tidak mampu melihatmesalah kesehatan yang terjadi.



Sumber data epidemiologi antara lain adalah :
1. Data kependudukan
2. Sensus penduduk 
3. Survey2.
4. Kelahiran dan kematian
Pencatatan akta kelahiran dan surat keterangan mininggal
Klinik umum/ klinik bersalin dan pelayanana kesehatan laiknnya3.
5. Data kesakitan
            Rekam medis (Medical record) rumah sakit
            Praktak dokter swasta
            Penelitian khusus4.
6. Data lainnya
Penelitian/data sanitasi dan lingkungan
Catatan imunisasi
Pelaporan keluarga berencana


Registrasi Kejadian Vital
Semua kejadian vital dicatat dan datanya dimasukkan dalam tabel dangrafik. Data statistik vital adalah data yang berkaitan dengan kejadian vital dalamkehidupan seperti kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, abortus dan menderita penyakit serius tertentu. Namun, pelaporan morbiditas dan mortalitasdimasukkan dalam bab yang terpisah. Mekanisme pelaporan morbiditas, menyangkutinformasi, perolehan data dan pengolahannya dilakukan dengan cara yang berbeda.Data morbiditas tidak selengkap data mortalitas dan kelahiran, sehingga informasiyang berasal dari sumber mortalitas dan kelahiran memiliki reliabilitas yang lebihbaik.Registrasi adalah pencatatan kelahiran, kematian, status perkawinan, abortusdan penyakit yang harus dilaporkan, serta pencatatan dan penelusuran riwayatpenderita penyakit tertentu. Registrasi kejadian khusus lainnya mungkinmenghasilkan data dan pemicu suatu penelitian, misalnya registrasi anak kembar.Penelitian pada anak kembar, khusunya yang dipisahkan pada usia yang sangatmuda, dapat memberikan pengetahuan yang berharga yang tidak dapat diperolehdalam kondisi lain, akibat susunan genetic identik yang dimiliki kembar tersebut.

Kesimpulan

Data statistik vital epidemiologi terdiri atas data kesakitan (morbiditas), usiaharapan hidup, kelahiran, kematian (mortalitas), data stetistik pernikahan danperceraian. Sumber data tersebut dapat diperoleh dari sensus penduduk, survey,pencatatan akta kelahiran, rekam medis, dan lain-lain


MANFAAT EPIDEMIOLOGI

Membantu pekerjaan administrator dan perencana kesehatan untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan kesehatan, alokasi sumber dana, mengukur efektifitas program-program baru

- Salah satu teknik untuk menilai status kesehatan masyarakat dalam kesatuan populasi tertentu.
- Alat bantu menghasilkan ukuran dalam penafsiran akan fakta kesehatan
- Bagian statistik kesehatan yang menghasilkan ukuran tentang kejadian dalam kehidupan manusia dari konsepsi sampai mati
- Statistik vital adalah statistik mengenai kesehatan dan bertujuan mempublikasikan data kesehatan yang berguna sekali bagi evaluasi aktivitas, perencanaan, dasar tindak lanjut suatu pemantauan dan penelitian (Slamet, 2004)


n  Fungsi Statistik Vital
n  Menilai dan membandingkan tingkat kesehatan masyarakat.
n  Menentukan masalah dan penyebab masalah kesehatan masyarakat.
n  Menentukan kontrol dan pemeliharaan selama pelaksanaan program kesehatan.
n  Menentukan prioritas program kesehatan suatu daerah.
n  Menentukan keberhasilan program suatu daerah.
n  Mengembangkan prosedur, klasifikasi, indeks dan teknik evaluasi seperti sistim pencatatan dan pelaporan.
n  Menyebarluaskan informasi tentang situasi kesehatan dan program kesehatan

KEJADIAN YANG DINILAI DALAM VITAL STATISTIK
- Kejadian kematian
- Kelahiran
- Perkawinan
- Perceraian
- Adopsi
Penyakit
n  Sumber Statistik Kesehatan
n  Institusi-institusi kesehatan
n  Program-program khusus
n  Survei epidemiologi
n  Survei kesehatan rumah tangga (household survey)
n  Institusi-institusi ysng mengumpulkan data dengan tujuan-tujuan khusus


Angka Kematian Berdasarkan Umur
n  Angka kematian berdasarkan umur adalah jumlah kematian pada kelompok umur tertentu terhadap jumlah rata-rata penduduk pada kelompok umur tersebut.
n  Manfaat data ini adalah untuk mengetahui tingkat dan pola kematian menurut golongan umur dan penyebabnya. 
n  Apabila data setiap umur tidak tersedia, maka analisis dapat dilakukan pada tiga periode, yaitu
n  Angka Kematian Umur 2 – 5 Bulan
            Periode umur ini merupakan periode dengan status gizi seesorang anak yang dapat tergantung pada praktik pemberian makanan, terutama apakah disusui atau tidak.


n  Angka Kematian Umur 1 – 4 Tahun
n  Di negara berkembang, kesakitan dan kematian pada anak umur 1-4 tahun banyak dipengaruhi oleh keadaan gizi.
n  Periode umur ini sering disebut dengan umur prasekolah. Pada periode ini anak rawan terhadap masalah gizi, penyakit infeksi, dan tekanan emosi atau stres.
n  Pada periode umur ini seorang anak tumbuh dengan cepat sehingga kebutuhan akan zat gizi juga meningkat.
n  Angka Kematian Umur 13 – 24 Bulan
            Angka kejadian KEP pada umur ini sering terjadi, karena pada periode umur ini merupakan umur periode penyapihan.



Angka Kesakitan dan Kematian Akibat Penyebab Tertentu
n  Angka penyebab penyakit dan kematian pada umur 1 – 4 tahun merupakan informasi yang penting untuk menggambarkan keadaan gizi di suatu masyarakat.
n  Dengan mengetahui penyebab kesakitan terhadap penyakit tertentu yang disertai penyakit kekurangan gizi, atau terhadap penyakit kurang gizi yang disertai penyakit lainnya, dapat dilakukan intervensi

Statistik Layanan Kesehatan
n  Puskesmas
            Data mengenai angka kesakitan dan penyebabnya yang tersedia di Puskesmas dapat juga dijadikan isyarat tentang kondisi kesehatan di wilayah kerja Puskesmas tersebut. 
n  Rumah Sakit
n  Meningkatnya kunjungan kasus gizi kurang yang dihadapi oleh rumah sakit juga meningkatkan isyarat adanya kekurangan gizi masyarakat.
n  Data-data dari rumah sakit ini dapat memberikan gambaran tentang keadaan gizi di dalam masyarakat, baik dari segi angka kematian maupun penyebabnya.






Terima Kasih Anda Telah Membaca Tulisan Ini
Judul: data statistik vital epidemiologi
Ditulis Oleh OMG SHOP
Silahkan tinggalkan komentar dan sarannya demi kemajuan blog ini kedepan...., Terima kasih

1 komentar :

  1. mantab...tulisan ini sangat memebatu dalam membangun ststistik hayati kedepannya, kalo punya contoh statistic vita dalam satu matrik, sy ingiin belajar..TkS

    BalasHapus

Scary Pumpkin 3