Senin, 01 Desember 2014

STUDI EKOLOGI / STUDI KORELASI



MAKALAH EPIDEMIOLOGI LINGKUNGAN





UNIVERSITAS ANDALAS

STUDI EKOLOGI / STUDI KORELASI

Oleh : Kelompok I

RIKA APRILIA (1311216031)
NUR CHOLIS (1311216008)
FITRAWATI (1311216010)



Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Mata Kuliah Epidemiologi Lingkungan







FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG, 2014

KATA PENGANTAR



Puji dan syukur Penulis ucapkan kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Salawat dan salam penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita senantiasa dapat menjadikan Beliau sebagai tauladan dalam menjalankan kehidupan, untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Makalah ini merupakan tugas mata kuliah Epidemiologi Lingkungan pada peminatan Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, yang dibimbing oleh Bapak Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph. D. Pada makalah ini Penulis akan membahas mengenai studi ekologi.
Apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam makalah ini, Penulis harapkan kritik dan saran yang membangun untuk pertimbangan perbaikan selanjutnya.



















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI............................................................................................................ ii

BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
1.1    Latar Belakang.......................................................................................... 1
1.2    Rumusan Masalah...................................................................................... 2
1.3    Tujuan........................................................................................................ 2

BAB II PEMBAHASAN
2.1    Defini Studi Ekologi / Korelasi................................................................. 3
2.2    Kekuatan dan Kelemahan Studi Ekologi / Korelasi.................................. 3
2.3    Karakteristik Studi Ekologi / Korelasi....................................................... 4
2.4    Tujuan Studi Ekologi /Korelasi ................................................................ 5
2.5    Rancangan Studi Ekologi / Korelasi.......................................................... 7
2.6    Contoh Studi Ekologi / Korelasi............................................................... 8
BAB III PENUTUP
3.1    Simpulan.................................................................................................... 12
3.2    Saran.......................................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA









BAB 1 : PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang didasarkan pada suatu masalah yang memerlukan solusi yang tepat. Dalam kehidupan selalu ada masalah, baik masalah pribadi, keluarga, masyarakat dan negara. Dari semua masalah tersebut, tidak semua masalah yang memerlukan solusi dalam bentuk kegiatan penelitian. Perbedaanya adalah pada kegiatan penyelesaian masalah. Selain masalah, komponen penting yang harus ada dalam penelitian adalah tujuan penelitian sehingga dapat ditentukan metode yang tepat untuk penyelesain masalah. Kegiatan penyelesaian masalah yang disebut penelitian dapat dilakukan secara sistematis dengan mengikuti metodologi, dikontrol, dan didasarkan teori yang ada serta diperkuat dengan gejala yang ada (Sukardi, 2004:3).
Secara umum, penelitian dapat dibedakan dari beberapa aspek, diantaranya aspek tujuan, aspek metode, aspek kajian.  Menurut Gay (dalam Sukardi, 2004:13) Aspek tujuan terdiri dari penelitian dasar dan lanjut. Aspek metode terdiri atas penelitian deskriptif, penelitian sejarah, penelitian survei, penelitian ex-postfakto, penelitian eksperimen, penelitian kuai eksperimen. Sedangkan, aspek kajian sesuai bidang garapan dapat dibagi menjadi dua, yaitu penelitian kependidikan dan penelitian nonkependidikan (Sukardi, 2004:13-16).
Masalah penelitian dapat dibagi dalam berbagai bidang diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan lain-lain. Salah satu bidang penelitian yang memerlukan perhatian khusus adalah bidang penelitian pendidikan. Secara umum metode penyelesaian masalah pada penelitian pendidikan ada dua, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yang yang pengumpulan datanya berinteraksi langsung dengan objek penelitianya dan hasilnya  tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Sedangkan metode kuantitatif, pengumpulan datanya melalui instrumen penelitian berupa populasi dan sampel serta hasilnya diperoleh melalui prosedur statistic. Salah satu peneltian yang penting dan bermanfaat dalam dunia pendidikan adalah penelitian korelasional.
Fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan terdapat hubungan antarunsur-unsurnya. Seperti hubungan antara guru dengan siswa, guru dengan materi/kurikulum, materi dengan evaluasi, dan lain-lain. Hubungan-hubungan tersebut dapat diketahui tingkat korelasinya secara ilmiah secara statistik melalui metode penelitian korelasional / ekologi.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, Penulis merumuskan masalah dalam makalah ini adalah:
1.      Apakah definisi dari studi ekologi?
2.      Apa saja kekuatan dan kelemahan studi ekologi?
3.      Apa karakteristik penelitian ekologi?
4.      Apa tujuan penelitian ekologi?
5.      Apa macam-macam penelitian ekologi?
6.      Apa saja rancangan penelitian ekologi?
7.      Apa contoh studi ekologi?

1.3 Tujuan Penulisan

1.3.1 Tujuan Umum

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang studi ekologi/ korelasi.

1.3.2 Tujuan Khusus

1.      Mengetahui definisi studi ekologi / korelasi.
2.      Mengetahui kekuatan dan kelemahan studi ekologi / korelasi.
3.      Menjelaskan karakteristik penelitian ekologi / korelasi.
4.      Menjelaskan langkah langkah dalam penelitian ekologi / korelasi.
5.      Memberikan contoh penelitian ekologi / korelasi.


BAB 2 : TINJAUAN PUSTAKA



2.1 Definisi Studi Ekologi / Korelasi

Pengertian Studi ekologi atau studi korelasi populasi adalah studi epidemiologi dengan populasi sebagai unit analisis, yang bertujuan mendeskripsikan hubungan korelatif antara penyakit dan faktor-faktor yang diminati peneliti. Faktor-faktor tersebut misalnya, umur, bulan, obat-obatan.Unit observasi dan unit analis pada studi ini adalah kelompok (agregat) individu, komunitas atau populasiyang lebih besar. Agregat tersebut biasanya dibatasi oleh secara geografik, misalnya penduduk provinsi, penduduk kab/kota, penduduk negara, dan sebagainya.
Penelitian korelasi atau ekologi adalah suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel (Faenkel dan Wallen, 2008:328). Adanya hubungan dan tingkat variabel ini penting karena dengan mengetahui tingkat hubungan yang ada, peneliti akan dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan penelitian. Jenis penelitian ini biasanya melibatkan ukuran statistik/tingkat hubungan yang disebut dengan korelasi (Mc Millan dan Schumacher, dalam Syamsuddin dan Vismaia, 2009:25). Penelitian korelasional menggunakan instrumen untuk menentukan apakah, dan untuk tingkat apa, terdapat hubungan antara dua variabel atau lebih yang dapat dikuantitatifkan.
Penelitian korelasional dilakukan dalam berbagai bidang diantaranya pendidikan, sosial, maupun ekonomi. Penelitian ini hanya terbatas pada panafsiran hubungan antarvariabel saja tidak sampai pada hubungan kausalitas, tetapi penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk diajadi penelitian selanjutnya seperti penelitian eksperimen (Emzir, 2009:38).

2.2 Kekuatan dan Kelemahan Studi Ekologi

Kekuatan studi ekologi, meliputi:
1.      Kekuatan pada studi ekologikal adalah dapat menggunakan data insidensi, prevalensi maupunmortalitas( data sekunder).
2.      Rancangan ini tepat sekali digunakan pada penyelidikan awal hubungan penyakit, sebab mudah dilakukan dan murah dengan memanfaatkan informasiyang tersedia.
3.      Dapat mengevaluasi program, kebijakan dan regulasi.

Kelemahan studi ekologi, meliputi:
Studi ekologi tak dapat dipakai untuk menganalisis hubungan sebab akibat karena dua alasan.
1.      Alasan pertama adalah, ketidak mampuan menjembatani kesenjangan status paparan dan status penyakit pada tingkat populasi dan individu.
2.      Sedangkan alasan kedua adalah studi ekologi tak mampu untuk mengontrol faktor perancu potensial.

2.3 Karakteristik studi Ekologi / Korelasi

Menurut Sukardi (2004:166) penelitian korelasi mempunyai tiga karakteristik penting untuk para peneliti yang hendak menggunakannya. Tiga karakteristik tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Penelitian korelasi tepat jika variabel kompleks dan peneliti tidak mungkin melakukan manipulasi dan mengontrol variabel seperti dalam penelitian eksperimen.
  2. Memungkinkan variabel diukur secara intensif dalam setting (lingkungan) nyata.
  3. Memungkinkan peneliti mendapatkan derajat asosiasi yang signifikan



2.4 Tujuan Studi Ekologi / Korelasi

            Tujuan penelitian korelasional menurut Suryabrata (dalam Abidin, 2010) adalah untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Sedangkan menurut Gay dalam Emzir (2009:38) Tujuan penelitian korelasional adalah untuk menentukan hubungan antara variabel, atau untuk menggunakan hubungan tersebut untuk membuat prediksi. Studi hubungan biasanya menyelidiki sejumlah variabel yang dipercaya berhubungan dengan suatu variabel mayor, seperti hasil belajar variabel yang ternyata tidak mempunyai hubungan yang tinggi dieliminasi dari perhatian selanjutnya.


2.5 Macam Penelitian  Korelasional


1.    Penelitian Hubungan
Penelitian hubungan, relasional, atau korelasi sederhana (seringkali hanya disebut korelasi saja) digunakan untuk menyelidiki hubungan antara hasil pengukuran terhadap dua variabel yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat atau derajat hubungan antara sepasang variabel (bivariat). Dalam penelitian korelasi sederhana ini hubungan antar variabel tersebut ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi. Nilai koofisien  korelasi merupakn suatu alat statistik yang digunakan untuk membantu peneliti dalam memahami tingkat hubungan tersebut. Nilai koefisien bervariasi dari -1,00 sampai +1,00 diperoleh dengan menggunakan teknik statistik tertentu sesuai dengan karakter dari data masing-masing variabel. Pada dasarnya, desain penelitian hubungan ini cukup sederhana, yakni hanya dengan mengumpulkan skor dua variabel dari kelompok subjek yang sama dan kemudian menghitung koefisien korelasinya. Oleh karena itu, dalam melakukan penelitian ini, pertama-tama peneliti menentukan sepasang variabel yang akan diselidiki tingkat hubungannya. Pemilihan kedua variabel tersebut harus didasarkan pada teori, asumsi, hasil penelitian yang mendahului, atau pengalaman bahwa keduanya sangat mungkin berhubungan.
2.    Penelitian Prediktif
Penelitian korelasi jenis ini memfokuskan pada pengukuran terhadap satu variabel atau lebih yang dapat dipakai untuk memprediksi atau meramal kejadian di masa yang akan datang atau variabel lain (Borg & Gall dalam Abidin, 2010). Penelitian ini sebagaimana penelitian relasional, melibatkan penghitungan korelasi antara suatu pola tingkah laku yang kompleks, yakni variabel yang menjadi sasaran prediksi atau yang diramalkan kejadiannya (disebut kriteria), dan variabel lain yang diperkirakan berhubungan dengan kriteria, yakni variabel yang dipakai untuk memprediksi (disebut prediktor). Teknik yang digunakan untuk mengetahui tingkat prediksi antara kedua variabel tersebut adalah teknik analisis regresi yang menghasilkan nilai koefisien regresi, yang dilambangkan dengan R.
3.    Korelasi Multivariat
Teknik untuk mengukur dan menyelidiki tingkat hubungan antara kombinasi dari tiga variabel atau lebih disebut teknik korelasi multivariat. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan, dua diantaranya yang akan dibahas di sini adalah: regresi ganda atau multiple regresion dan korelasi kanonik.
Regresi ganda. Memprediksi suatu fenomena yang kompleks hanya dengan menggunakan satu faktor (variabel prediktor) seringkali hanya memberikan hasil yang kurang akurat. Dalam banyak hal, semakin banyak informasi yang diperoleh semakin akurat prediksi yang dapat dibuat (Mc Millan & Schumaker dalam Abidin, 2010), yakni dengan menggunakan kombinasi dua atau lebih variabel prediktor, prediksi terhadap variabel kriteria akan lebih akurat dibanding dengan hanya menggunakan masing-masing variabel prediktor secara sendiri-sendiri. Dengan demikian, penambahan jumlah prediktor akan meningkatkan akurasi prediksi kriteria.
Korelasi kanonik. Pada dasarnya teknik ini sama dengan regresi ganda, dimana beberapa variabel dikombinasikan untuk memprediksi variabel kriteria. Akan tetapi, tidak seperti regresi ganda yang hanya melibatkan satu variabel kriteria, korelasi kanonik melibatkan lebih dari satu variabel kriteria. Korelasi ini berguna untuk menjawab pertanyaan, bagaimana serangkaian variabel prediktor memprediksi serangkai variabel kriteria? Dengan demikian, korelasi kanonik ini dapat dianggap sebagai perluasan dari regresi ganda,dan sebaliknya, regresi berganda dapat dianggap sebagai bagian dari korelasi kanonik (Pedhazur dalam Abidin, 2010). Seringkali korelasi ini digunakan dalam penelitian eksplorasi yang bertujuan untuk meentukan apakah sejumlah variabel mempunyai hubungan satu sama lain yang serupa atau berbeda.

2.6 Rancangan Penelitian Ekologi / Korelasional
Penelitian korelasional mempunyai berbagai jenis rancangan. Shaughnessy dan Zechmeinter (dalam Emzir, 2009:48-51), yaitu:
1.    Korelasi Bivariat
Rancangan penelitian korelasi bivariat adalah suatu rancangan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara dua variabel. Hubungan antara dua variabel diukur. Hubungan tersebut mempunyai tingkatan dan arah. Tingkat hubungan (bagaimana kuatnya hubungan) biasanya diungkapkan dalam angka antar -1,00 dan +1,00, yang dinamakan koefisien korelasi. Korelasi zero (0) mengindikasikan tidak ada hubungan. Koefisien korelasi yang bergerak ke arah -1,00 atau +1,00, merupakan korelasi sempurna pada kedua ekstrem (Emzir, 2009:48).
Arah hubungan diindikasikan oleh simbol “-“ dan “+”. Suatu korelasi negatif berarti bahwa semakin tinggi skor pada suatu variabel, semakin rendah pula skor pada variabel lain atau sebaliknya. Korelasi positif mengindikasikan bahwa semakin tinggi skor pada suatu variabel, semakin tinggi pula skor pada variabel lain atau sebaliknya (Emzir, 2009:48).
2.    Regresi dan Prediksi
Jika terdapat korelasi antara dua variabel dan kita mengetahui skor pada salah satu variabel, skor pada variabel kedua dapat diprediksikan. Regresi merujuk pada seberapa baik kita dapat membuat prediksi ini. Sebagaimana pendekatan koefisien korelasi baik -1,00 maupun +1,00, prediksi kita dapat lebih baik.
3.    Regresi Jamak (Multiple Regresion)
Regresi jamak merupakan perluasan regresi dan prediksi sederhana dengan penambahan beberapa variabel. Kombinasi beberapa variabel ini memberikan lebih banyak kekuatan kepada kita untuk membuat prediksi yang akurat. Apa yang kita prediksikan disebut variabel kriteria (criterion variable). Apa yang kita gunakan untuk membuat prediksi, variabel-variabel yang sudah diketahui disebut variabel prediktor (predictor variables).
4.    Analisis Faktor
Prosedur statistik ini mengidentifikasi pola variabel yang ada. Sejumlah besar variabel dikorelasikan dan terdapatnya antarkorelasi yang tinggi mengindikasikan suatu faktor penting yang umum.
5.    Rancangan korelasional yang digunakan untuk menarik kesimpulan kausal
            Terdapat dua rancangan yang dapat digunakan untuk membuat pernyataan-pernyataan tentang sebab dan akibat menggunakan metode korelasional. Rancangan tersebut adalah rancangan analisis jalur (path analysis design) dan rancangan panel lintas-akhir (cross-lagged panel design). Analisis jalur digunakan untuk menentukan mana dari sejumlah jalur yang menghubungkan satu variabel dengan variabel lainnya. Sedangkan desain panel lintas akhir mengukur dua variabel pada dua titik sekaligus.
6.    Analisis sistem (System Analysis)
Desain ini melibatkan penggunaan prosedur matematik yang kompleks/rumit untuk menentukan proses dinamik, seperti perubahan sepanjang waktu, jerat umpan balik serta unsur dan aliran hubungan.

2.7 Contoh Studi Ekologi / Korelasi
            Sebagai contoh penelitian ekologi akan disajikan secara ringkas sebuah penelitian disertasi yang dilakukan oleh Rusmini dalam bidang manajemen pendidikan pada tahun 2003, sebagai berikut:

Judul Penelitian :
Kualitas Pelayanan Karyawan Administrasi Akademik, Survei di Politeknik Kesehatan Jakarta ( 2003).

Masalah Penelitian :
1.    Apakah terdapat hubungan pengetahuan administrasi akademik dengan kualitas pelayanan karyawan?
2.    Apakah terdapat hubungan komunikasi interpersonal dengan kualitas pelayanan karyawan?
3.    Apakah terdapat hubungan kemampuan berpikir mekanik dengan kualitas pelayanan karyawan?
4.    Apakah terdapat hubungan pengetahuan administrasi akademik, komunikasi interpersonal, dan kemampuan berpikir mekanik dengan kualitas pelayanan karyawan? ( Rusmini, 2004:5).



Kajian Teoritis
Teori-teori yang dikemukakan dalam penelitian ini menyangkut variabel penelitian yang meliputi kualitas pelayanan, pengetahuan administrasi akademik, komunikasi interpersonal, dan kemampuan berpikir mekanik.

Kualitas Pelayanan
Berdasarkan teori-teori yang dideskripsikan, peneliti menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan karyawan adalah “ keseluruhan hasil kegiatan karyawan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab, sesuai dengan pedoman atau peraturan yang telah ditetapkan untuk memenuhi harapan pelanggan dengan indikator kepedulian karyawan dan kepuasan pelanggan”. ( Rusmini, 2004:9).

Pengetahuan Administrasi Akademik
Berdasarkan teori-teori yang dideskripsikan, peneliti menyimpulkan bahwa pengetahuan administrasi akademik adalah “ segenap yang diketahui karyawan tentang konsep,fakta, dan prinsip-prinsip kegiatan dalam pelayanan yang berhubungan dengan administrasi akademik yang meliputi bidang pengajaran, kemahasiswaan, media kependidikan, perpustakaan, laboratorium, dan perbengkelan” ( Rusmini, 2004:15).

    Komunikasi Interpersonal
Komunikasi interpersonal disimpulkan peneliti berdasarkan teori-teori yang dideskripsikannya sebagai “ interaksi antara pemberi dan penerima informasi atau pesan baik menggunakan alat ataupun tanpa bantuan alat yang dapat menunjang kegiatan akademik dengan indikator penyampaian dan penerimaan pesan kerja sama, dan umpan balik” ( Rusmini, 2004:18).
Kemampuan Bepikir Mekanik
Kemampuan berpikir mekanik disimpulkan peneliti berdasarkan kajian teoritis sebagai “ kesanggupan seseorang dalam menuangkan gagasan yang berkaitan dengan masalah mekanik dengan indikator penyusunan konsep tentang penggunaan alat-alat mekanik, penerapan prinsip- prinsip fisika mekanik, dan pemecahan masalah mekanik” ( Rusmini, 2004:21).

Hipotesis Penelitian
1.      Terdapat hubungan positif antara pengetahuan administrasi akademik dan kualitas pelayanan
2.      Terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dan kualitas pelayanan
3.      Terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir mekanik dengan kualitas pelayanan
4.      Terdapat hubungan positif antara pengetahuan administrasi akademik, komunikasi interpersonal, dan kemampuan berpikir mekanik secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan.( Rusmini, 2004:22).
Metodologi Penelitian
Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan administrasi akademik (X1), komunikasi interpersonal(X2), dan kemampuan berpikir mekanik (X3). Variabel terikatnya adalah kualitas pelayanan (Y).
                                   
Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitrian ini dilakukan di Politeknik Kesehatan Jakarta dengan unit analisis karyawan administrasi akademik. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Januari sampai dengan Juli 2003.

Populasi dan Sampel
 Populasi : seluruh karyawan administrasi akademik di Politeknik Kesehatan Jakarta yang berjumlah 121 orang dengan tingkat pendidikan SMA.
Sampel : diambil secara acak dari jumlah populasi yaitu sebanyak 60 orang.
Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dari ke empat variabel adalah daftar pernyataan dan pertanyaan. Kualitas pelayanan karyawan sebagai variabel terikat didasarkan pada penilaian mahasiswa, dengan cara masing-masing karyawan dinilai oleh tiga orang mahasiswa (rater). Rater dipilih secara acak sederhana. Skor kualitas pelayanan karyawan diperoleh berdasarkan skor rata-rata dari ketiga penilai.
Teknis analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi sederhana dan jamak, korelasi sederhana dan jamak, dan korelasi parsial. Sebelum di lakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu di lakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pengujian, maka temuan penelitian ini adalah sebagai berikut.
a.       Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pengetahuan administrasi akademik dan kualitas pelayanan.
b.      Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara komunitas interpersonal dan kualitas pelayanan.
c.       Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kemampuan berfikir mekanik dengan kualitas pelayanan.
d.      Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pengetahuan administrasi akademik, komunikasi interpersonal, dan kemampuan berfikir mekanik secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan (Rusmini, 2004: 25-29).
Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan karyawan di Politeknik Kesehatan Jakarta II dapat di tingkatkan dengan mengembangkan pengetahuan administrasi akademik, komunikasi interpersonal, dan berfikir mekanik (Rusmini, 2004: 30).





BAB 3 : PENUTUP



3.1 Simpulan

1.      Studi ekologi atau studi korelasi populasi adalah studi epidemiologi dengan populasi sebagai unit analisis, yang bertujuan mendeskripsikan hubungan korelatif antara penyakit dan faktor-faktor yang diminati peneliti.

2.      Kekuatan studi ekologi, meliputi: Kekuatan pada studi ekologikal adalah dapat menggunakan data insidensi, prevalensi maupunmortalitas( data sekunder), Rancangan ini tepat sekali digunakan pada penyelidikan awal hubungan penyakit, sebab mudah dilakukan dan murah dengan memanfaatkan informasiyang tersedia, Dapat mengevaluasi program, kebijakan dan regulasi.

Kelemahan studi ekologi, meliputi:
Studi ekologi tak dapat dipakai untuk menganalisis hubungan sebab akibat,karena ketidak mampuan menjembatani kesenjangan status paparan dan status penyakit pada tingkat populasi dan individu, sedangkan alasan kedua adalah studi ekologi tak mampu untuk mengontrol faktor perancu potensial.
  1. Karakteristik studi ekologi adalah Penelitian korelasi tepat jika variabel kompleks dan peneliti tidak mungkin melakukan manipulasi dan mengontrol variabel seperti dalam penelitian eksperimen, memungkinkan variabel diukur secara intensif dalam setting (lingkungan) nyata, memungkinkan peneliti mendapatkan derajat asosiasi yang signifikan,
  2. Tujuan penelitian korelasional adalah untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi.
  3. Ada beberapa jenis penelitian ekologi / korelasi adalah penelitian hubungan, studi prediksi dan korelasi multivariate.
  4. Penelitian ekologi mempunyai banyak rancangan seperti : korelasi bivariat, regresi dan prediksi, regresi jamak, analisis factor, rancangan korelasi yang digunakan untuk menarik kesimpulan kausal.
  5. Contoh studi ekologi : Kualitas Pelayanan Karyawan Administrasi Akademik, Survei di Politeknik Kesehatan Jakarta ( 2003).
3.2 Saran

            Setelah mempelajari desain studi ekologi / korelasi mahasiswa mampu melakukan penelitian dengan memakai metode studi ekolgi / korelasi dalam penyelesaian skripsi diakhir perkuliahan nanti sebagai syarat mutlak dalam penyelesaian strata I.

DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Muhammad Zainal. 2008. Penelitian Korelasional. (artikel). Dalam http://www.Muhammad Zainal Abidin Personal Blog.htm. di akses tanggal 25 September 2010.
Atmodjo, J. Tri. 2005. Modul Penelitian Korelasi (artikel). Jakarta: Fikom Universitas Mercubuana Jakarta.
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Pergoda.
Notoadmodjo, Soekidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta:
Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Terima Kasih Anda Telah Membaca Tulisan Ini
Judul: STUDI EKOLOGI / STUDI KORELASI
Ditulis Oleh OMG SHOP
Silahkan tinggalkan komentar dan sarannya demi kemajuan blog ini kedepan...., Terima kasih

2 komentar :

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

    BalasHapus

Scary Pumpkin 3