Senin, 01 Desember 2014

RPKPS Epidemiologi HAJI



FAKULTAS  KESEHATAN MASYARAKAT
                            UNIVERSITAS ANDALAS

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)



NAMA MATA AJARAN                : EPIDEMIOLOGI KESEHATAN HAJI

NAMA DOSEN PENGAMPU        :  dr. Fauziah Elytha, M.Sc (FE)
                                                               dr. Azwar Hijar , MSc (AH)

SKS                                                    : 2 SKS



DESKRIPSI MATA KULIAH       : Mata kuliah ini membahas beberapa konsep dalam Epidemiologi,kemudian diaplikasikan pada proses haji mulai     
                                                                          dari tahap persiapan haji, perjalanan haji mulai dari berangkat, pelaksanaan sampai pulangnya
                                                              jemaah haji ke tanah air.


KOMPETENSI UMUM                  : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep epidemiologi
                                                              pada setiap tahapan pelayanan kesehatan haji,dan permasalahan dalam pelaksanaannya mulai dari                         
                                                              persiapan kesehatan jemaah serta aturan aturan internasional dalam pelasanaan ibadah haji, dan sistem    
                                                              pencataan,pendataan dan pelaporan kesehatan dalam pelaksanaan  ibadah haji


KOMPETENSI kHUSUS                :
1.       Mengetahui  dan Memahami tentang konsep epidemiologi
2.      Menerapkan konsep epidemiologi pada kesehatan haji    mulai   dari pesrsiapan haji, pelaksanaan sampai kepada
        keberangkatan jamaah haji pulang pergi.
3.      Menjelaskan tentang  proses persiapan haji
4.      Mengetahui dan  menguasai alur perjalanan haji Jeddah Madinah
5.      Memahami dan  menguasai tentang  system pencatatan dan pelaporan haji
6.      Memahami data kesehatan haji 5 tahun terakhir
7.      Memahami pencegahan penyakit penyakit global dari haji
8.      UTS
9.      Memahami peraturan-peraturan Internasional keluar masuk ke Negara lain dalam bidang kesehatan
10.  Menjelaskan tentang kegiatan pulang haji)
11.  Menjelaskan tentang kondisi pada saat penerbangan haji
12.  Menjelaskan tentang metode epidemiologi khusus dan perawatan haji
13.  Memahami tentang keadaan di Jedah turun pesawat Orientasi tempat haji
14.  Memahami kesehatan jemaah selama haji Urutan pelaksanaan haji
15.  Presentasi kelompok
16.  UTS



EVALUASI                                       : 1. Tugas harian/mingguan                 : 20 %
                                                              2. UTS                                               : 40 %
                                                              3. UAS                                              : 40 %                         

PERINGATAN                                : BAGI MAHASISWA YANG KEHADIRAN KURANG DARI 75 % TIDAK DIBENARKAN MENGIKUTI UTS DAN UAS

CATATAN                                        : JIKA DOSEN YANG BERSANGKUTAN BERHALANGAN DAPAT DIGANTIKAN OLEH    ANGGOTA TIM YANG LAIN

                                                                   


NO

Kompetensi Khusus
Bahan Kajian dan Sub Bahan Kajian
Model Pembelajaran
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot Nilai
Estimasi waktu
Dosen

1&2


Mengetahui  dan Memahami tentang konsep epidemiologi dan menerapkan konsep epidemiologi pada kesehatan haji mulai persiapan haji ,pelaksaan,pelaksaan  sampai kpd keberangkatan  jemaah haji pulang dan pergi



1.Pengertian epiemiologi ,konsep timbulnya penyakit,faktor yang berhubungan dg timbulnya penyakit yang ditinjau  dari lingkungan fisik dan lingkungan non fisik dan faktor faktor yang menimbulkan penyakit ditinjau dari segi orang ,tempat dan waktu


.
.


Lecture and Discussion (Contextual Learning) :

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa :
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Ujian
    12
1x tatap muka 100 menit
         FE

3
Menjelaskan tentang  proses persiapan haji

Persiapan  kesehatan haji sebelum berangkat
-melihat poses persiapan haji (vaksinasi,fisik,mental) dan menyisihkan orang yang berisiko tinggi dan yang tidak berisiko tinggi
-Pemeriksaan kesehatan jemaah haji setelah di embarkasi untuk melihat perkembangan penyakit  bisa atau tidak nya jemaah berangkat haji.
-Faktor factor yang berhubungan dengan lingkungan haji.Ditinjau dari segi perjalanan dan perbedaan suhu di tanah air dan makkah serta penyakit penyakit yang berhubungan  dengan tempat dan lingkungan tersebut.
Lecture and Discussion (Contextual Learning) :

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa :
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Ujian
    6
1x tatap muka 100 menit
         FE

4
Mengetahui dan  menguasai alur perjalanan haji Jeddah Madinah

Mengetahui apa yang terjadi selama perjalanan haji dan kemungkinan terjadi dari segi makanan pada saat pejalanan haji kemudian dikaitkan dengan investigasi wabah



Lecture and Discussion (Contextual Learning) :

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa :
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Ujian
    6
1x tatap muka 100 menit
           FE

5
Memahami dan  menguasai tentang  system pencatatan dan pelaporan haji
.
Pencatatan dan pelaporan haji  berdasarkan orang tempat dan waktu

Contextual Learning dan Cooperative Learning

Dosen :
·      Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·      Menyiapkan suatu masalah atau tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
·      Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa :
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
·     Membahas dan menyimpulkan tugas/masalah yang diberikan secara berkelompok

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan

      6
1x tatap muka 100 menit
        FE

6
Memahami dat data kesehatan haji 5 tahun terakhir


Jumlah haji
Distribusi umur
Distribusi jenis kelamin
Asal daerah.
Penyakit penyakit yang pernah diderita
Penyebab penyakit
Penyakit terbanyak


Contextual Learning dan Cooperative Learning

Dosen :
·      Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·      Menyiapkan suatu masalah atau tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
·      Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa :
·      Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
·      Membahas dan menyimpulkan tugas/masalah yang diberikan secara berkelompok

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan

     5
1x tatap muka 100 menit

        FE

7
Memahami pencegahan penyakit penyakit global dari haji

.Kenapa
.Apa yang perlu dipersiapkan
.Sarana pelayanan jemaah haji di Indonesia dan Arab Saudi
.Penyakit penyakit yang timbul oleh pengaruh suhu (panas,dingin,debu)

Contextual Learning dan Discovery Learning

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·     Menyediakan petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu pengetahuan yang harus dipelajari mahasiswa
·     Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa :
·      Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
·      Mencari, mengumpulkan dan menyusun informasi yang ada untuk mendiskripsikan suatu pengetahuan






·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan

     5
1x tatap muka 100 menit
        FE


8

 9
Memahami peraturan2
Internasional keluar masuk ke Negara lain dalam bidang kesehatan


Undang undang tentang haji (Depkes)
Undang undang karantina
 .undang undang no 1 tahun  
  1962(laut)
 .undang undang no 2 tahun 1962     
  (udara)s

Lecture and Discussion (Contextual Learning) :

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa :
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
Ketepatan tanggapan dan
·         nalar mahasiswa dalam diskusi
Keselarasan hasil diskusi
·         dengan teori
·         Ujian

6
1x tatap muka 100 menit
          AH

10

Menjelaskan tentang kegiatan pulang haji)
Agar jangan membawa penyakit setelah sampai di Indonesia
Faktor factor karantina haji jika ada jemaah haji yang ada penyakit karantina
Monitoring penyakit yang dibawa setelah sampai di tanah air (penyakit dalam masa incubasi)



Lecture and Discussion (Contextual Learning) :

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa :
·      Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Ujian

6
1x tatap muka 100 menit
         AH

11
Menjelaskan tentang kondisi pada saat penerbangan haji

Penyakit penyakit yang timbul pda saat ketinggian(18 jam perjalanan)


Lecture and Discussion (Contextual Learning) :

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa :ED
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Ujian

6
1x tatap muka 100 menit
         AH

12
Menjelaskan tentang metode epidemiologi khusus dan perawatan haji
aHal hal yang mengganggu kesehatan jemaah haji yang khusus (haid) dan penanggulangannya


Contextual Learning dan Discovery Learning

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·     Menyediakan petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu pengetahuan yang harus dipelajari mahasiswa
·     Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa :
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
·     Mencari, mengumpulkan dan menyusun informasi yang ada untuk mendiskripsikan suatu pengetahuan

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
·         Ujian

6
1x tatap muka 100 menit
         AH

13
Memahami tentang keadaan di Jedah turun pesawat

Orientasi tempat haji
Kejadian pada saat jemaah haji menunggu dan mencari barang barang

Pos kesehatan Haji
Jika sakit kemana harus melapor
Lecture and Discussion (Contextual Learning) :

Dosen :
·     Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa :
·     Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

·         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Ujian

6
1x tatap muka 100 menit
        AH

14
Memahami kesehatan jemaah selama haji




Urutan pelaksanaan haji
                                              

Kesehatan jemaah selama perjalanan haji
-penyakit
-Non penyakit


Hubungan tempat dengan kesehatan haji (tempat tempat yang dikunjungi selama haji)
Rute perjalanan haji (Padang,jedah,Madinah,Mabid,Mekah wukuf di Arafah,Musdalifah,Mina,Makkah,pulang ke tanah air)

Small Group Discussion  (10 orang) :

Dosen :
·     Membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi
·     Menjadi moderator dan sekaligus mengulas pada setiap akhir sesi diskusi

Mahasiswa :
·      Memilih bahan diskusi
·      Mempresentasikan bahan diskusi dan mendiskusikan di kelas
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Antusias mahasiswa dalam berdiskusi dan kayanya ide/pemikiran-pemikiran yang dilemparkan dalam diskusi

5
1x tatap muka 100 menit
        AH

15
Presentasi kelompok (lanjutan) dengan topik:
Penyakit penyakit yang terjadi selama hasji dihubungkan dengan lingkungan ,umur dan waktu)


Kapita Selekta
Small Group Discussion  (10 orang) :

Dosen :
·     Membuat rancangan bahan diskusi dan aturan diskusi
·     Menjadi moderator dan sekaligus mengulas pada setiap akhir sesi diskusi

Mahasiswa :
·      Memilih bahan diskusi
·      Mempresentasikan bahan diskusi dan mendiskusikan di kelas
·         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·         Antusias mahasiswa dalam berdiskusi dan kayanya ide/pemikiran-pemikiran yang dilemparkan dalam
·         diskusi

5
1x tatap muka 100 menit
        AH


16

Ujian Akhir Semester















References :

1.Modul I s/d VI Pelatihan Petugas Haji Indonesia
2.Panduan Jemaah Haji Indonesia
3.Petunjuk Pemeriksaan dan Pembinaan Kesehatan Calon Haji
4.Pedoman Rekrutmen Tenaga Kesehatan Haji Indonesia
5.Buku buku epidemiologi lainnya


PJMK EPID.KES.HAJI

Dr.Fauziah Elytha,MSc

Terima Kasih Anda Telah Membaca Tulisan Ini
Judul: RPKPS Epidemiologi HAJI
Ditulis Oleh OMG SHOP
Silahkan tinggalkan komentar dan sarannya demi kemajuan blog ini kedepan...., Terima kasih

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Scary Pumpkin 3