FAKULTAS KESEHATAN
MASYARAKAT
UNIVERSITAS ANDALAS
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
NAMA MATA AJARAN :
EPIDEMIOLOGI KESEHATAN HAJI
NAMA DOSEN PENGAMPU : dr. Fauziah Elytha, M.Sc (FE)
dr. Azwar Hijar , MSc (AH)
SKS : 2 SKS
DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata kuliah ini membahas
beberapa konsep dalam Epidemiologi,kemudian diaplikasikan pada proses haji
mulai
dari tahap
persiapan haji, perjalanan haji mulai dari berangkat, pelaksanaan sampai
pulangnya
jemaah haji ke tanah air.
KOMPETENSI UMUM : Setelah menyelesaikan
mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep epidemiologi
pada setiap tahapan pelayanan kesehatan
haji,dan permasalahan dalam pelaksanaannya mulai dari
persiapan kesehatan jemaah serta aturan aturan internasional dalam
pelasanaan ibadah haji, dan sistem
pencataan,pendataan dan pelaporan kesehatan dalam pelaksanaan ibadah haji
KOMPETENSI kHUSUS :
1. Mengetahui dan Memahami tentang konsep epidemiologi
2. Menerapkan konsep epidemiologi pada kesehatan haji mulai dari
pesrsiapan haji, pelaksanaan sampai kepada
keberangkatan jamaah haji pulang
pergi.
3. Menjelaskan
tentang proses persiapan haji
4. Mengetahui dan
menguasai alur perjalanan haji Jeddah Madinah
5. Memahami dan menguasai tentang system
pencatatan dan pelaporan haji
6.
Memahami data kesehatan haji 5 tahun terakhir
7.
Memahami pencegahan penyakit penyakit global dari haji
8. UTS
9. Memahami
peraturan-peraturan Internasional keluar masuk ke Negara lain dalam bidang
kesehatan
10. Menjelaskan tentang kegiatan pulang
haji)
11. Menjelaskan tentang kondisi pada saat penerbangan haji
12. Menjelaskan tentang metode
epidemiologi khusus dan perawatan haji
13. Memahami tentang
keadaan di Jedah turun pesawat Orientasi tempat haji
14. Memahami kesehatan jemaah selama haji Urutan
pelaksanaan haji
15. Presentasi kelompok
16. UTS
EVALUASI : 1. Tugas harian/mingguan : 20 %
2. UTS : 40 %
3. UAS : 40 %
PERINGATAN : BAGI MAHASISWA YANG KEHADIRAN KURANG DARI 75 %
TIDAK DIBENARKAN MENGIKUTI UTS DAN UAS
CATATAN :
JIKA DOSEN YANG BERSANGKUTAN BERHALANGAN DAPAT DIGANTIKAN OLEH ANGGOTA TIM YANG LAIN
|
NO
|
Kompetensi Khusus
|
Bahan Kajian dan Sub Bahan
Kajian
|
Model Pembelajaran
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
Bobot Nilai
|
Estimasi waktu
|
Dosen
|
||||
1&2
|
Mengetahui dan Memahami tentang konsep
epidemiologi dan menerapkan konsep epidemiologi pada kesehatan haji mulai
persiapan haji ,pelaksaan,pelaksaan
sampai kpd keberangkatan jemaah
haji pulang dan pergi
|
1.Pengertian epiemiologi ,konsep timbulnya penyakit,faktor yang
berhubungan dg timbulnya penyakit yang ditinjau dari lingkungan fisik dan lingkungan non
fisik dan faktor faktor yang menimbulkan penyakit ditinjau dari segi orang
,tempat dan waktu
.
.
|
Lecture and Discussion
(Contextual Learning) :
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Ujian
|
12
|
1x tatap muka 100 menit
|
FE
|
||||
3
|
Menjelaskan tentang proses persiapan haji
|
Persiapan
kesehatan haji sebelum berangkat
-melihat poses persiapan haji
(vaksinasi,fisik,mental) dan menyisihkan orang yang berisiko tinggi dan yang
tidak berisiko tinggi
-Pemeriksaan kesehatan jemaah haji setelah di
embarkasi untuk melihat perkembangan penyakit
bisa atau tidak nya jemaah berangkat haji.
-Faktor factor yang berhubungan dengan
lingkungan haji.Ditinjau dari segi perjalanan dan perbedaan suhu di tanah air
dan makkah serta penyakit penyakit yang berhubungan dengan tempat dan lingkungan tersebut.
|
Lecture and Discussion
(Contextual Learning) :
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Ujian
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
FE
|
||||
4
|
Mengetahui dan menguasai alur perjalanan haji Jeddah
Madinah
|
Mengetahui apa yang terjadi selama perjalanan
haji dan kemungkinan terjadi dari segi makanan pada saat pejalanan haji
kemudian dikaitkan dengan investigasi wabah
|
Lecture and Discussion
(Contextual Learning) :
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Ujian
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
FE
|
||||
5
|
Memahami dan menguasai
tentang system pencatatan dan pelaporan haji
.
|
Pencatatan dan pelaporan haji berdasarkan orang tempat dan waktu
|
Contextual Learning dan
Cooperative Learning
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·
Menyiapkan suatu masalah atau tugas untuk diselesaikan
oleh mahasiswa secara berkelompok
·
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar
mandiri mahasiswa
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
·
Membahas dan menyimpulkan tugas/masalah yang diberikan
secara berkelompok
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi
sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
FE
|
||||
6
|
Memahami dat data kesehatan haji 5 tahun terakhir
|
Jumlah haji
Distribusi umur
Distribusi jenis kelamin
Asal daerah.
Penyakit penyakit yang pernah diderita
Penyebab
penyakit
Penyakit
terbanyak
|
Contextual Learning dan
Cooperative Learning
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·
Menyiapkan suatu masalah atau tugas untuk diselesaikan
oleh mahasiswa secara berkelompok
·
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar
mandiri mahasiswa
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
·
Membahas dan menyimpulkan tugas/masalah yang diberikan
secara berkelompok
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi
sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
|
5
|
1x tatap muka 100 menit
|
FE
|
||||
7
|
Memahami
pencegahan penyakit penyakit global dari haji
|
.Kenapa
.Apa yang perlu dipersiapkan
.Sarana pelayanan jemaah haji di Indonesia dan
Arab Saudi
.Penyakit penyakit yang timbul oleh pengaruh
suhu (panas,dingin,debu)
|
Contextual Learning dan
Discovery Learning
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·
Menyediakan petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu
pengetahuan yang harus dipelajari mahasiswa
·
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar
mandiri mahasiswa
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
·
Mencari, mengumpulkan dan menyusun informasi yang ada untuk
mendiskripsikan suatu pengetahuan
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi
sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
|
5
|
1x tatap muka 100 menit
|
FE
|
||||
8
|
|||||||||||
9
|
Memahami peraturan2
Internasional
keluar masuk ke Negara lain dalam bidang kesehatan
|
Undang undang tentang haji (Depkes)
Undang undang karantina
.undang undang no 1 tahun
1962(laut)
.undang undang no 2 tahun 1962
(udara)s
|
Lecture and Discussion
(Contextual Learning) :
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
Ketepatan tanggapan dan
·
nalar mahasiswa dalam diskusi
Keselarasan hasil diskusi
·
dengan teori
·
Ujian
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
AH
|
||||
10
|
Menjelaskan tentang kegiatan pulang
haji)
|
Agar jangan membawa penyakit setelah sampai di Indonesia
Faktor factor karantina haji jika ada jemaah haji yang ada penyakit
karantina
Monitoring penyakit yang dibawa setelah sampai di tanah air (penyakit
dalam masa incubasi)
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning) :
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
Mahasiswa :
· Membahas konsep teori
dan kaitannya dengan situasi nyata
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Ujian
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
AH
|
||||
11
|
Menjelaskan tentang kondisi pada
saat penerbangan haji
|
Penyakit penyakit yang
timbul pda saat ketinggian(18 jam perjalanan)
|
Lecture and Discussion
(Contextual Learning) :
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
Mahasiswa :ED
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Ujian
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
AH
|
||||
12
|
Menjelaskan tentang metode epidemiologi khusus dan perawatan haji
|
aHal hal yang mengganggu kesehatan jemaah haji yang khusus (haid) dan
penanggulangannya
|
Contextual Learning dan Discovery Learning
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
·
Menyediakan petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu
pengetahuan yang harus dipelajari mahasiswa
·
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar
mandiri mahasiswa
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
·
Mencari, mengumpulkan dan menyusun informasi yang ada
untuk mendiskripsikan suatu pengetahuan
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi
sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
·
Ujian
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
AH
|
||||
13
|
Memahami tentang keadaan di Jedah turun pesawat
Orientasi tempat haji
|
Kejadian pada saat jemaah
haji menunggu dan mencari barang barang
Pos kesehatan Haji
Jika sakit kemana harus melapor
|
Lecture and Discussion
(Contextual Learning) :
Dosen :
·
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep)
dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
Mahasiswa :
·
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
|
·
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Ujian
|
6
|
1x tatap muka 100 menit
|
AH
|
||||
14
|
Memahami kesehatan jemaah
selama haji
Urutan pelaksanaan haji
|
Kesehatan jemaah selama perjalanan haji
-penyakit
-Non penyakit
Hubungan tempat dengan kesehatan haji (tempat tempat yang dikunjungi
selama haji)
Rute perjalanan haji (Padang,jedah,Madinah,Mabid,Mekah wukuf di
Arafah,Musdalifah,Mina,Makkah,pulang ke tanah air)
|
Small Group Discussion (10 orang) :
Dosen :
· Membuat rancangan bahan
diskusi dan aturan diskusi
· Menjadi moderator dan
sekaligus mengulas pada setiap akhir sesi diskusi
Mahasiswa :
· Memilih bahan diskusi
· Mempresentasikan bahan
diskusi dan mendiskusikan di kelas
|
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Antusias mahasiswa dalam berdiskusi dan kayanya
ide/pemikiran-pemikiran yang dilemparkan dalam diskusi
|
5
|
1x tatap muka 100 menit
|
AH
|
||||
15
|
Presentasi kelompok (lanjutan) dengan topik:
Penyakit penyakit yang terjadi selama hasji dihubungkan dengan lingkungan
,umur dan waktu)
|
Kapita Selekta
|
Small Group Discussion (10 orang) :
Dosen :
· Membuat rancangan bahan
diskusi dan aturan diskusi
· Menjadi moderator dan
sekaligus mengulas pada setiap akhir sesi diskusi
Mahasiswa :
· Memilih bahan diskusi
· Mempresentasikan bahan
diskusi dan mendiskusikan di kelas
|
·
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
·
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
·
Antusias mahasiswa dalam berdiskusi dan kayanya
ide/pemikiran-pemikiran yang dilemparkan dalam
·
diskusi
|
5
|
1x tatap muka 100 menit
|
AH
|
||||
16
|
Ujian
Akhir Semester
|
||||||||||
References :
1.Modul I s/d VI Pelatihan
Petugas Haji Indonesia
2.Panduan Jemaah Haji
Indonesia
3.Petunjuk Pemeriksaan dan
Pembinaan Kesehatan Calon Haji
4.Pedoman Rekrutmen Tenaga
Kesehatan Haji Indonesia
5.Buku buku epidemiologi
lainnya
PJMK EPID.KES.HAJI
Dr.Fauziah
Elytha,MSc
Judul: RPKPS Epidemiologi HAJI
Ditulis Oleh OMG SHOP
Silahkan tinggalkan komentar dan sarannya demi kemajuan blog ini kedepan...., Terima kasih
Tidak ada komentar :
Posting Komentar