FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS
|
RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
Judul Mata Kuliah :
EPIDEMIOLOGI GIZI
Nomor
Kode SKS : SGM 339/ 2
SKS
Status
Mata Kuliah : Wajib
Institusi
Mata
Kuliah Prasyarat : -
Dosen
Pengasuh : dr.Fauziah
Elytha, MSc., Dr.dr.Masrul, MSc, SpGK.
|
Deskripsi Singkat : Mata kuliah ini membahas tentang peran
epidemiologi gizi, prinsip pendekatan
epidemiologi, transisi epidemiologi gizi, hubungan kausal dalam epidemiologi
gizi, metoda penelitian epidemiologi gizi, epidemiologi KEF balita, ibu hamil,
KVA, GAKY dan anemia serta epidemiologi gizi yang berkaitan dengan kanker, PJK,
Diabetes Melitus (DM), osteoporosis dan kematian ibu hamil.
Kompetensi Umum : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini
mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan peranan gizi dalam
pembangunan, permasalahan gizi utama di Indonesia dan program penanggulangan permasalahan
gizi termasuk dalam kondisi darurat.
NNo No
|
Kompetensi
Khusus
|
Bahan Kajian
dan Sub Bahan Kajian
|
Model
Pembelajaran
|
Kriteria
Penilaian (Indikator)
|
Estimasi Waktu
|
Daftar Pustaka
|
1.
|
Menjelaskan
prinsip pendekatan epidemiologi
|
Prinsip
pendekatan epidemiologi:
a.
Konsep epidemiologi
b.
Konsep epidemiologi gizi
c.
Prinsip pendekatan epidemiologi
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
2,
3
|
2.
|
Menjelaskan
transisi epidemiologi gizi
|
Transisi
epidemiologi gizi:
a.
Konsep transisi epidemiologi
b.
Transisi epidemiologi gizi
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
1
|
3.
|
Menjelaskan
hubungan kausal dalam epidemiologi
|
Hubungan
kausal dalam epidemiologi
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
2,
3, 4
|
4.
|
Menjelaskan
metode penelitian epidemiologi gizi
|
Metode
penelitian epidemiologi gizi:
a.
Cross
sectional
b.
Kasus kontrol
c.
Kohor
|
Contextual Learning and Cooperative
Learning:
Dosen:
a.
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori
(konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.
Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa
secara berkelompok
c.
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil
belajar mandiri mahasiswa
Mahasiswa:
a.
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
b.
Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang diberikan
secara berkelompok
|
d.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
e.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
f.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
g.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
2,
3
|
5.
|
Memahami
dan menjelaskan epidemiologi KEP
balita
|
Epidemiologi
KEP balita:
a.
Besaran masalah KEP balita
b.
Faktor determinan KEP balita
c.
Dampak KEP balita
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
d.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
e.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
f.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
g.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
7
|
6.
|
Menjelaskan
epidemiologi KEP ibu hamil
|
Epidemiologi
KEP ibu hamil:
a.
Besaran masalah KEP ibu hamil
b.
Faktor determinan KEP ibu hamil
c.
Dampak KEP ibu hamil
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
7
|
7.
|
Menjelaskan
epidemiologi KVA
|
Epidemiologi
KVA:
a.
Besaran masalah KVA
b.
Faktor determinan KVA
c.
Dampak KVA
|
Contextual Learning and Cooperative
Learning:
Dosen:
a.
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori
(konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.
Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa
secara berkelompok
c.
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar
mandiri mahasiswa
Mahasiswa:
a.
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
b.
Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang
diberikan secara berkelompok
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
7
|
8.
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER
|
|||||
9.
|
Menjelaskan
epidemiologi GAKY
|
Epidemiologi
GAKY:
a.
Besaran masalah GAKY
b.
Faktor determinan GAKY
c.
Dampak GAKY
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
7
|
10.
|
Menjelaskan
epidemiologi anemia
|
Epidemiologi
anemia:
a.
Besaran masalah anemia
b.
Faktor determinan anemia
c.
Dampak anemia
|
Contextual Learning and Cooperative
Learning:
Dosen:
a.
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori
(konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.
Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa
secara berkelompok
c.
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil
belajar mandiri mahasiswa
Mahasiswa:
a.
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
b.
Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang
diberikan secara berkelompok
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan
variasi sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
7
|
11.
|
Menjelaskan
epidemiologi gizi yang berkaitan dengan kanker
|
Epidemiologi
gizi yang berkaitan dengan kanker:
a.
Besaran masalah kanker
b.
Faktor determinan kanker
c.
Dampak kanker
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
8
|
12.
|
Menjelaskan
epidemiologi gizi yang berkaitan dengan PJK
|
Epidemiologi
gizi yang berkaitan dengan PJK:
a.
Besaran masalah PJK
b.
Faktor determinan PJK
c.
Dampak PJK
|
Contextual Learning and Cooperative
Learning:
Dosen:
a.
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori
(konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.
Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa
secara berkelompok
c.
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil
belajar mandiri mahasiswa
Mahasiswa:
a.
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
b.
Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang
diberikan secara berkelompok
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
Luasnya
cakupan informasi yang disampaikan dan variasi sumber informasi mengenai
topik yang didiskusikan
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
8
|
13.
|
Menjelaskan
epidemiologi gizi yang berkaitan dengan Diabetes Melitus (DM)
|
Epidemiologi
gizi yang berkaitan dengan DM:
a.
Besaran masalah DM
b.
Faktor determinan DM
c.
Dampak DM
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
8
|
14.
|
Menjelaskan
epidemiologi gizi yang berkaitan dengan osteoporosis
|
Epidemiologi
gizi yang berkaitan dengan osteoporosis:
a.
Besaran masalah osteoporosis
b.
Faktor determinan osteoporosis
c.
Dampak osteoporosis
|
Lecture and Discussion (Contextual
Learning):
Dosen:
Menjelaskan
bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi
yang nyata
Mahasiswa:
Membahas
konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
8
|
15.
|
Menjelaskan
epidemiologi kematian pada ibu hamil
|
Epidemiologi
kematian pada ibu hamil:
a.
Besaran masalah kematian pada ibu hamil
b.
Faktor determinan kematian pada ibu hamil
c.
Dampak kematian pada ibu hamil
|
Contextual Learning and Cooperative
Learning:
Dosen:
a.
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori
(konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.
Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa
secara berkelompok
c.
Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil
belajar mandiri mahasiswa
Mahasiswa:
a.
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi
nyata
b.
Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang
diberikan secara berkelompok
|
a.
Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.
Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam
diskusi
c.
Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.
Ujian
|
1x
tatap muka 100 menit
|
5,
7, 8
|
16.
|
UJIAN AKHIR
SEMESTER
|
Judul: RPKPS Epidemiologi Gizi
Ditulis Oleh OMG SHOP
Silahkan tinggalkan komentar dan sarannya demi kemajuan blog ini kedepan...., Terima kasih
Tidak ada komentar :
Posting Komentar