Senin, 01 Desember 2014

RPKPS Epidemiologi Gizi



FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
            Judul Mata Kuliah                : EPIDEMIOLOGI GIZI
            Nomor Kode SKS                 : SGM 339/ 2 SKS
            Status Mata Kuliah               : Wajib Institusi
            Mata Kuliah Prasyarat         : -
            Dosen Pengasuh                    : dr.Fauziah Elytha, MSc., Dr.dr.Masrul, MSc, SpGK.


Unand 01
Deskripsi Singkat      : Mata kuliah ini membahas tentang peran epidemiologi gizi, prinsip  pendekatan epidemiologi, transisi epidemiologi gizi, hubungan kausal dalam epidemiologi gizi, metoda penelitian epidemiologi gizi, epidemiologi KEF balita, ibu hamil, KVA, GAKY dan anemia serta epidemiologi gizi yang berkaitan dengan kanker, PJK, Diabetes Melitus (DM), osteoporosis dan kematian ibu hamil.
Kompetensi Umum   : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan peranan gizi dalam pembangunan, permasalahan gizi utama di Indonesia dan program penanggulangan permasalahan gizi termasuk dalam kondisi darurat.
NNo                           No
Kompetensi Khusus
Bahan Kajian dan Sub Bahan Kajian
Model Pembelajaran
Kriteria Penilaian (Indikator)
Estimasi Waktu
Daftar Pustaka
1.
Menjelaskan prinsip pendekatan epidemiologi
Prinsip pendekatan epidemiologi:
a.       Konsep epidemiologi
b.      Konsep epidemiologi gizi
c.       Prinsip pendekatan epidemiologi
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata


Mahasiswa: Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.      Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.      Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.      Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.     Ujian
1x tatap muka 100 menit
2, 3
2.
Menjelaskan transisi epidemiologi gizi
Transisi epidemiologi gizi:
a.       Konsep transisi epidemiologi
b.      Transisi epidemiologi gizi
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.      Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.     Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.      Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.     Ujian
1x tatap muka 100 menit
1
3.
Menjelaskan hubungan kausal dalam epidemiologi
Hubungan kausal dalam epidemiologi
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata


Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.      Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.      Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.      Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.     Ujian
1x tatap muka 100 menit
2, 3, 4
4.
Menjelaskan metode penelitian epidemiologi gizi
Metode penelitian epidemiologi gizi:
a.       Cross sectional
b.      Kasus kontrol
c.       Kohor
Contextual Learning and Cooperative Learning:

Dosen:
a.        Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.       Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
c.        Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa:
a.          Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
b.         Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang diberikan secara berkelompok

d.        Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
e.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
f.          Keselarasan hasil diskusi dengan teori
g.         Ujian
1x tatap muka 100 menit
2, 3
5.
Memahami dan  menjelaskan epidemiologi KEP balita
Epidemiologi KEP balita:
a.       Besaran masalah KEP balita
b.      Faktor determinan KEP balita
c.       Dampak KEP balita
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

d.        Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
e.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
f.          Keselarasan hasil diskusi dengan teori
g.         Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 7
6.
Menjelaskan epidemiologi KEP ibu hamil
Epidemiologi KEP ibu hamil:
a.       Besaran masalah KEP ibu hamil
b.      Faktor determinan KEP ibu hamil
c.       Dampak KEP ibu hamil
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.        Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 7
7.
Menjelaskan epidemiologi KVA
Epidemiologi KVA:
a.       Besaran masalah KVA
b.      Faktor determinan KVA
c.       Dampak KVA
Contextual Learning and Cooperative Learning:

Dosen:
a.        Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.       Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
c.        Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa:
a.        Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
b.       Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang diberikan secara berkelompok

a.         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.        Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 7
8.

UJIAN TENGAH SEMESTER

9.
Menjelaskan epidemiologi GAKY
Epidemiologi GAKY:
a.       Besaran masalah GAKY
b.      Faktor determinan GAKY
c.       Dampak GAKY
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.      Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.      Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.      Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.     Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 7
10.
Menjelaskan epidemiologi anemia
Epidemiologi anemia:
a.       Besaran masalah anemia
b.      Faktor determinan anemia
c.       Dampak anemia
Contextual Learning and Cooperative Learning:

Dosen:
a.        Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.       Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
c.        Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa:
a.        Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
b.       Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang diberikan secara berkelompok

a.        Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.        Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.        Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.       Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
1x tatap muka 100 menit
5, 7
11.
Menjelaskan epidemiologi gizi yang berkaitan dengan kanker
Epidemiologi gizi yang berkaitan dengan kanker:
a.       Besaran masalah kanker
b.      Faktor determinan kanker
c.       Dampak kanker
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.        Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 8
12.
Menjelaskan epidemiologi gizi yang berkaitan dengan PJK
Epidemiologi gizi yang berkaitan dengan PJK:
a.       Besaran masalah PJK
b.      Faktor determinan PJK
c.       Dampak PJK
Contextual Learning and Cooperative Learning:

Dosen:
a.       Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.      Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
c.       Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa:
a.        Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
b.       Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang diberikan secara berkelompok

a.        Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.        Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.        Keselarasan hasil diskusi dengan teori
Luasnya cakupan informasi yang disampaikan dan variasi sumber informasi mengenai topik yang didiskusikan
1x tatap muka 100 menit
5, 8
13.
Menjelaskan epidemiologi gizi yang berkaitan dengan Diabetes Melitus (DM)
Epidemiologi gizi yang berkaitan dengan DM:
a.       Besaran masalah DM
b.      Faktor determinan DM
c.       Dampak DM
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.        Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 8
14.
Menjelaskan epidemiologi gizi yang berkaitan dengan osteoporosis
Epidemiologi gizi yang berkaitan dengan osteoporosis:
a.       Besaran masalah osteoporosis
b.      Faktor determinan osteoporosis
c.       Dampak osteoporosis
Lecture and Discussion (Contextual Learning):

Dosen:
Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata

Mahasiswa:
Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata

a.         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.        Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 8
15.
Menjelaskan epidemiologi kematian pada ibu hamil
Epidemiologi kematian pada ibu hamil:
a.       Besaran masalah kematian pada ibu hamil
b.      Faktor determinan kematian pada ibu hamil
c.       Dampak kematian pada ibu hamil
Contextual Learning and Cooperative Learning:

Dosen:
a.       Menjelaskan bahan kajian yang bersifat teori (konsep) dan mengaitkannya dengan situasi yang nyata
b.      Memberikan tugas untuk diselesaikan oleh mahasiswa secara berkelompok
c.       Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa

Mahasiswa:
a.        Membahas konsep teori dan kaitannya dengan situasi nyata
b.       Membahas dan menyimpulkan tugas/ masalah yang diberikan secara berkelompok

a.         Keterlibatan/ partisipasi mahasiswa
b.         Ketepatan tanggapan dan nalar mahasiswa dalam diskusi
c.         Keselarasan hasil diskusi dengan teori
d.        Ujian
1x tatap muka 100 menit
5, 7, 8
16.

UJIAN AKHIR SEMESTER


Terima Kasih Anda Telah Membaca Tulisan Ini
Judul: RPKPS Epidemiologi Gizi
Ditulis Oleh OMG SHOP
Silahkan tinggalkan komentar dan sarannya demi kemajuan blog ini kedepan...., Terima kasih

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Scary Pumpkin 3